Tuesday, August 29, 2017

Contoh Abstrak " Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran IPA "

ABSTRAK 
Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran IPA (Penelitian Tindakan Kelas dengan Tema Lingkungan di Kelas III SD Negeri Dadaha 1) Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)
Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Sarjana
Universitas Pendidikan Indonesia

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA di SD. Siswa tidak dibiasakan untuk berani mengajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat selama kegiatan pembelajaran, hal ini terjadi karena suasana pembelajaran sering membuat siswa merasa jenuh. Oleh karena itu, guru berupaya menggunakan komik sebagai media pembelajaran agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu ingin memperoleh data tentang persiapan guru merancang rencana pembelajaran, mengelola proses pembelajaran, peningkatan sikap ilmiah siswa serta faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran menggunakan media komik untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA di Kelas III SD Negeri Dadaha 1 Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian adaptasi dari Elliot. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan sebanyak dua kali tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah kelas III sebanyak 22 orang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan, dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2008-2009. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi dan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran.
            Hasil penelitian siklus 1 berkaitan dengan peningkatan sikap berani mengajukan pertanyaan dan sikap bertanggung jawab; siklus 2 berkaitan dengan peningkatan sikap berani mengemukakan pendapat dan sikap berpikir bebas. Adapun hasil penelitian terhadap sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan media komik telah menunjukkan peningkatan walaupun masih belum maksimal. Keberhasilan ini didukung oleh adanya kesiapan guru dalam merancang pembelajaran serta proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai rencana. Oleh karena itu, guru hendaknya sering melatih siswa agar mampu membuat kalimat tanya yang baik dan benar serta siswa dilatih agar memiliki keberanian mengungkapkan gagasannya, selain itu siswa harus menambah pengetahuan melalui kegiatan membaca sehingga memiliki wawasan yang luas.

Kata kunci : Media Pembelajaran
Tabulasi data
N0
Jenis Kelamin (L/P)
Sebelum pemberian pembelajaraan
Sesudah pemberian pembelajaraan
Tingkat sekolah
kelas
Umur
(tahun)
1
P
3
6
SD
III
8
2
P
3
6
SD
III
8
3
P
3
6
SD
III
9
4
P
3
7
SD
III
9
5
P
5
7
SD
III
9
6
L
5
8
SD
III
9
7
L
5
6
SD
III
9
8
L
5
9
SD
III
9
9
L
6
6
SD
III
8
10
L
3
6
SD
III
9
11
L
5
7
SD
III
9
12
L
4
6
SD
III
9
13
L
6
7
SD
III
9
14
L
6
6
SD
III
9
15
L
7
9
SD
III
9
16
L
3
7
SD
III
9
17
L
4
8
SD
III
10
18
L
5
7
SD
III
10
19
L
6
8
SD
III
10
20
L
4
7
SD
III
10
21
L
3
6
SD
III
10
22
L
3
7
SD
III
10
Jumlah

97
152


201
Rata-rata

4.41
6.9


9.14

­Keterangan :
Penilaian  : 1-10

Analisis yang bias dilakukan :
1.      Perbandingan siswa-siswi sebelum dan sesudah pemberian pembelajaran.
2.      Perbandingan siswa-siswi berdasarkan kategori jenis kelamin (sebelum dan sesudah pemberian pembelajaran).
3.      Perbandingan siswa-siswi berdasarkan kategori umur(sebelum dan sesudah pemberian pembelajaran).



Jika ingin mendownload  dalam bentuk file klik disini

No comments:

Post a Comment