ABSTRAK
Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran IPA (Penelitian Tindakan Kelas dengan Tema Lingkungan di Kelas III SD Negeri Dadaha 1) Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)
Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Sarjana
Universitas Pendidikan Indonesia
Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran IPA (Penelitian Tindakan Kelas dengan Tema Lingkungan di Kelas III SD Negeri Dadaha 1) Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)
Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Sarjana
Universitas Pendidikan Indonesia
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
permasalahan rendahnya sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA di SD. Siswa
tidak dibiasakan untuk berani mengajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat
selama kegiatan pembelajaran, hal ini terjadi karena suasana pembelajaran
sering membuat siswa merasa jenuh. Oleh karena itu, guru berupaya menggunakan
komik sebagai media pembelajaran agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik
dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu ingin memperoleh data tentang
persiapan guru merancang rencana pembelajaran, mengelola proses pembelajaran,
peningkatan sikap ilmiah siswa serta faktor pendukung dan faktor penghambat
pembelajaran menggunakan media komik untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa pada
pembelajaran IPA di Kelas III SD Negeri Dadaha 1 Kecamatan Tawang Kota
Tasikmalaya.
Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian adaptasi dari Elliot. Penelitian
dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan sebanyak dua kali tindakan
penelitian. Subjek penelitian adalah kelas III sebanyak 22 orang terdiri dari
17 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan, dilaksanakan pada semester ganjil
tahun ajaran 2008-2009. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar
observasi dan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian siklus 1 berkaitan dengan peningkatan sikap berani mengajukan pertanyaan dan sikap bertanggung jawab; siklus 2 berkaitan dengan peningkatan sikap berani mengemukakan pendapat dan sikap berpikir bebas. Adapun hasil penelitian terhadap sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan media komik telah menunjukkan peningkatan walaupun masih belum maksimal. Keberhasilan ini didukung oleh adanya kesiapan guru dalam merancang pembelajaran serta proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai rencana. Oleh karena itu, guru hendaknya sering melatih siswa agar mampu membuat kalimat tanya yang baik dan benar serta siswa dilatih agar memiliki keberanian mengungkapkan gagasannya, selain itu siswa harus menambah pengetahuan melalui kegiatan membaca sehingga memiliki wawasan yang luas.
Hasil penelitian siklus 1 berkaitan dengan peningkatan sikap berani mengajukan pertanyaan dan sikap bertanggung jawab; siklus 2 berkaitan dengan peningkatan sikap berani mengemukakan pendapat dan sikap berpikir bebas. Adapun hasil penelitian terhadap sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan media komik telah menunjukkan peningkatan walaupun masih belum maksimal. Keberhasilan ini didukung oleh adanya kesiapan guru dalam merancang pembelajaran serta proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai rencana. Oleh karena itu, guru hendaknya sering melatih siswa agar mampu membuat kalimat tanya yang baik dan benar serta siswa dilatih agar memiliki keberanian mengungkapkan gagasannya, selain itu siswa harus menambah pengetahuan melalui kegiatan membaca sehingga memiliki wawasan yang luas.
Kata kunci : Media Pembelajaran
Tabulasi data
N0
|
Jenis
Kelamin (L/P)
|
Sebelum
pemberian pembelajaraan
|
Sesudah
pemberian pembelajaraan
|
Tingkat
sekolah
|
kelas
|
Umur
(tahun)
|
1
|
P
|
3
|
6
|
SD
|
III
|
8
|
2
|
P
|
3
|
6
|
SD
|
III
|
8
|
3
|
P
|
3
|
6
|
SD
|
III
|
9
|
4
|
P
|
3
|
7
|
SD
|
III
|
9
|
5
|
P
|
5
|
7
|
SD
|
III
|
9
|
6
|
L
|
5
|
8
|
SD
|
III
|
9
|
7
|
L
|
5
|
6
|
SD
|
III
|
9
|
8
|
L
|
5
|
9
|
SD
|
III
|
9
|
9
|
L
|
6
|
6
|
SD
|
III
|
8
|
10
|
L
|
3
|
6
|
SD
|
III
|
9
|
11
|
L
|
5
|
7
|
SD
|
III
|
9
|
12
|
L
|
4
|
6
|
SD
|
III
|
9
|
13
|
L
|
6
|
7
|
SD
|
III
|
9
|
14
|
L
|
6
|
6
|
SD
|
III
|
9
|
15
|
L
|
7
|
9
|
SD
|
III
|
9
|
16
|
L
|
3
|
7
|
SD
|
III
|
9
|
17
|
L
|
4
|
8
|
SD
|
III
|
10
|
18
|
L
|
5
|
7
|
SD
|
III
|
10
|
19
|
L
|
6
|
8
|
SD
|
III
|
10
|
20
|
L
|
4
|
7
|
SD
|
III
|
10
|
21
|
L
|
3
|
6
|
SD
|
III
|
10
|
22
|
L
|
3
|
7
|
SD
|
III
|
10
|
Jumlah
|
97
|
152
|
201
|
|||
Rata-rata
|
4.41
|
6.9
|
9.14
|
Keterangan :
Penilaian :
1-10
Analisis yang bias dilakukan :
1.
Perbandingan
siswa-siswi sebelum dan sesudah pemberian pembelajaran.
2.
Perbandingan
siswa-siswi berdasarkan kategori jenis kelamin (sebelum dan sesudah pemberian
pembelajaran).
3.
Perbandingan
siswa-siswi berdasarkan kategori umur(sebelum dan sesudah pemberian
pembelajaran).
Jika ingin mendownload dalam bentuk file klik disini
No comments:
Post a Comment