Wednesday, August 30, 2017

Apa itu Planimeter


Planimeter adalah suatu alat yang digunakan untuk menghitung luas dengan cara mekanis.  Metodeini digunakan untuk memetakan wilayah yang luasnya hanya beberapa ratussampai beberapa meter.
Oleh karena itu, diperlukan pemahaman lebih dalam pemetaan planimeter  sehingga  dapat memberikan informasi secara visualisasi dua dimensi mengenai keadaan dan posisi suatu bangunan. Planimeter ada dua macam, yaitu planimeter manual dan planimeter digital.
Gambar Planimeter










a)      Gambar Planimeter Manual                           b) Gambar Planimeter Digital




Keterangan:
1.      Batang kutub
2.      Batang pelacak
3.      Kutub planimeter (tetap)
4.      Sendi (engsel)
5.      Jarum pelacak
6.      Roda ukur berskala
7.      Piringan berskala
8.      Klem (untuk mengatur panjang batang pelacak)
9.      Skala Nonius



 Cara menggunakan planimeter adalah   :

o   Pasang planimeter dengan salah satu lengan di tempatkan di tempat yang setabil dan tidak goyang maupun berubah.
o   Tempatkan ujung yang lain untuk melihat dan menelusuri sepanjang garis batas daerah yang akan diukur. Sebelumnya garis batas luas sudah ditandai tempat awal dan ahirnya pengukuran.
o   Baca angka yang terdapat dialat dengan menambahkan angka yang terdapat di bacaaan yang berbentuk bulat dengan angka yang terdapat diskala nonius. Kemudian catat.



o   Perhatikan ujung planimeter yang berada tepat digaris batas daerah yang akan dihitung. Jalankan ujung tersebut dengan memastikan bahwa ujung tersebut berada tepat di garis yang benar.
o   Setelah ujung tersebut sampai dititik yang merupakan titik awal dan sekaligus titik akhir, maka baca kembali angka yang didapat. Kemudian catat
       Setelah selesai mengukur daerah persegi maka selanjutnya ukur daerah peta yang akan dihitung luasannya. Lakukan sebnyak tiga kali.
       Bandingkan hasilnya. Antara hasil pengukuran yang pertama sampai hasil pengukuran yang ketiga diambil rata – ratanya.


Prinsip kerja Planimeter adalah alat ini bekerja pada daerah atau peta yang berbentuk area atau poligon tertutup. Perhitungan luas dimulai dengan menentukan titik awal, kemudian menggerakkan alat tersebut searah dengan jarum jam pada batas poligon sampai kembali ke titik awal dan setelah itu dilakukan pembacaan hasil pengukuran.







Jika ingin mendownload dalam dalam bentuk file klik disini


No comments:

Post a Comment